Jangan Lupa Ke Candi Ijo Berwisata Seru Tertinggi

Rental Mobil Jogja Berlokasi di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Candi Ijo ialah candi yang lokasinya paling tinggi di Yogyakarta. Dari ketinggian tersebut, telah terbayang pemandangan indah perbukitan. Disebut Candi Ijo sebab candi yang dibangun sekitar abad ke-9 itu dibangun di sebuah bukit yang Hijau atau Gumuk Ijo. Penyebutan nama desa Ijo pertama kalinya disebut di dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi.

Dalam prasatinya tersebut dituliskan seseorang hadirin upacara yang berasal dari desa Wuang Hijau. Jikalau benar demikian nama Ijo setidaknya sudah berumur 1111 tahun sampai tahun 2018 yang lalu. Area candi Ijo adalah area percandian yang berbukit yang kian meninggi ke belakang di sisi timur pada bagian belakang sebagai sentra percandian. Bukit pertama adalah bukit berundak yang membujur dari barat ke timur. Walaupun bangunan pada bukit teratasnya berupa pagar keliling dan delapan buah lingga patok.

Di bukit terakhir ini pula candi utamanya berdiri tegap dengan tiga candi perwara. Pada candi utama terdapat sebuah bilik dengan Lingga Yoni yang melambangkan Dewa Siwa yang menyatu dengan Dewi Parwati. Nah yang didalam candi-candi perwara, pengunjung bisa mengetahui arca candi yang konon adalah kendaraan dari Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana. Wujud seni rupa juga bisa ditemui di Candi Ijo ini. Salah satunya ukiran kala makara dengan motif kepala ganda dan atributnya.

Misteri dan Kutukan

Bagi pengagum indahnya sejarah, di candi ini juga bisa dijumpai karya yang masih menaruh misteri yang tercantum pada sebuah prasasti. Prasasti itu berlokasi pada area ke-9 yang bertulisan Guywan atau Bhuyutan yang berarti pertapaan. Prasasti lainnya yang terbuat dari batu berukuran 14 cm dan tebal 9 cm tercantum mantra-matra yang diperkirakan berisi kutukan “Om sarww­awinasa, sarwwawinasa” yang bertulis berulang sampai 16 kali.

Sampai sekarang masih belum terbongkar momen apa yang berkaitan dengan prasasti itu. Sementara itu, bagi pengagum keindahan alam, Kalian harus menikmati candi Ini. Dari semua penjuru mata angin, pengunjung bisa merasakan panorama alam Yogyakarta komplit dengan tiupan angin yang segar. Bila kalian mujur, pengunjung bisa menyaksikan panorama pesawat terbang yang sedang akan mendarat di landasan Airport Adisutjipto di sebelah barat.

Pemandangan sunset juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk kembali mengunjungi Candi Ijo. Edgar Raka, seorang mahasiswa ketika itu mengunjungi candi Ijo menggunakan rental mobil jogja berkata, dibanding dengan sebagian candi yang selama ini pernah didatanginya, Candi Ijo menjadi salah satu yang menarik dan berbeda. “Lokasinya yang berada di ketinggian, Candi Ijo mempunyai panorama yang indah dan berbeda dari kebanyakan candi lainya”.

Jalan Ke Candi Ijo

Untuk merasakan semua sensasi wisata yang ditawarkan Candi Ijo dibutuhkan kekuatan ekstra untuk menempuh ke candi tersebut yang masuk di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman itu. Jalan termudah menuju lokasi Candi Ijo bagi pelancong yang berada di Kota Jogja yaitu dengan melewati Jalan Solo kemudian menuju Pasar Prambanan yang berada di seberang area Candi Prambanan.

Setelah sampai, kalian tinggal menuju arah tenggara kurang lebih 7 km sampai menemui penunjuk arah kecil menuju Candi Ijo dan Desa Nawung di kiri jalan. Kalian tinggal Mengikuti petunjuk arah sampai gerbang masuk Desa Sambisari, hingga menemukan jalan menanjak untuk sampai di Candi Ijo. Untuk menuju candi ini dibutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan dengan memakai kendaraan pribadi, rental mobil jogja atau motor.

Harga karcis masuk  tidak perlu cemas untuk merogoh kocek terlalu dalam, mengagumi nuansa asri di Candi Ijo cuma membayar Rp 5000 untuk 1 orang dan mengisi daftar hadir tetamu di pos satpam sebelum masuk candi dan membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk kendaraan beroda empat dengan rental mobil jogja . Selebihnya, silahkan merasakan keindahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here