Rental Mobil Jogja Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang mempunyai banyak sekali daerah liburan, dimana seperti halnya dengan namanya Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu tujuan liburan istimewa yang ada di jogja yaitu Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta yaitu sebuah istana daerah tinggal Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang terletak di jantung kota Jogja.

Pada tahun 1950 kasultanan itu secara sah sudah bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tapi komplek keraton ini masih menjadi rumah keluarga sultan dan masih melaksanakan budaya Kasultanan sampai detik ini.

Selalin menjadi daerah tinggal sang Sultan, Keraton ini sekarang juga salah satu obyek liburan  yang paling sering kali dikunjungi oleh para turis yang berkunjung ke kota Jogja. Ada area Keraton sebagai museum yang menaruh beragam gamelan, koleksi milik Kasultanan, replika pusaka keraton, termasuk beragam pemberian dari Raja-Raja Eropa dan kereta kencana. Bila diperhatikan dari segi bangunannya, keraton ini adalah sampel arsitektur istana Jawa yang terbaik dengan sebagian balairaung mewah dan paviliun yang luas.

Sejarah Singkat Keraton Yogyakarta

Berdasarkan legenda sekitar 200 tahun yang lalu dimana Keraton Yogyakarta berdiri kini adalah area rawa yang bernama Umbul Pachetokan. Rawa itu kemudian dibangun pesanggrahan dan diberikan nama Ayodya. Sebab terdapat suatu alasan sehingga memunculkan kisruh atau perselisihan keluarga kerajaan, sehingga dibuatlah perjanjian Giyanti yang isinya untuk membagi dua kerajaan Mataram menjadi Kasultanan Surakarta yang dipimpin oleh Sri Sunan Pakubuwono III dan Kasultanan Ngayogyakarta yang dipimpin Pangeran Mangkubumi yang kemudian menerima gelar Sri Sultan Hamengkubuwono I. Kerajaan mataram telah terbagi menjadi dua, pesanggrahan Ayodya dibangun menjadi Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Icon Wisata Yogyakarta Yang Harus Kalian Kunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Rental Mobil Jogja

Bangunan Keraton Yogyakarta yang menghadap ke arah utara, apabila di tarik garis antara arah poros Utara selatan, Keraton Yogyakarta berada diantara gunung merapi dan laut selatan. Lambing atau logo dari Keraton Yogyakarta ini mempunyai silsilah atau makna tersendiri pada tiap-tiap Detilnya.

Didalam halaman inti Keraton, memperlihatkan daerah tinggal Sri Sultan dan keluarga sultan juga selain itu untuk menjamu tamu kehormatan atau menyelenggarakan sebuah pesta. Di daerah ini juga terdapat bangungan keputren yaitu daerah tinggal putri Sultan yang belum menikah. Sampai bangunan yang ada di dalam Keraton masih sama seperti tempo dahulu.

Icon Wisata Yogyakarta Yang Harus Kalian Kunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Rental Mobil Jogja

Lokasi dan Jalan Menuju Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini berada  di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta, tepatnya halaman dari Keraton. Dimana lokasi Keraton ini berjarak 50 meter dari Jalan Malioboro atau yang sekarang sudah berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo. Jadi untuk anda yang memakai kereta api, silahkan turun di stasiun Tugu, kemudian berjalan lurus ke arah selatan perempatan Jalan Malioboro. Sesudah berjalan kurang lebih 15 menit, anda akan hingga di lapangan luas yaitu Alun-alun Utara. Dari situ anda dapat menuju gerbang pintu masuk menuju ke dalam kawasan Keraton.

Keraton Yogyakarta dapat dikunjungi oleh para Turis tiap hari yang dibuka atau opening mulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Khusus hari Jum’at dan Sabtu Keraton jogja akan tutup lebih Pagi pukul 11.00 WIB.  Sebelum anda dapat merasakan keindahan adat istiadat dan bangunan yang ada di Keraton. Para Turis dikenakan tarif karcis masuk sebesar Rp 5.000 (Turis dalam negeri) dan Rp 15.000 (Turis asing). Untuk pembelian karcis masuk dibagi menjadi 2 loket masuk. Yang pertama berada di Tepas Keprajuritan atau depan Alun-alun Utara dan di Tepas Pariwisata atau di Regol Keben.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here