Ketika kalian Liburan Ke Jogja untuk menikmati keindahan alam dan budayanya, jangan lupa untuk menikmati kuliner murahnya. Berikut deretan kuliner Jogja yang murah meriah, bukti bahwa kuliner Jogja bisa enak dengan harga murah.

Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi masuk dalam daftar kuliner murah di Jogja yang bisa kalian coba saat liburan ke Jogja. Karena harganya hanya 6ribu Rupiah dan merupakan kuliner pinggir jalan berupa gerobak dorong beratap terpal. Tempatnya sederhana, namun kuliner Jogja yang satu ini punya rasa yang enak, terbukti kuliner ini bertahan selama 4 dekade.

Terletak di Jalan Harjowinatan, Rujak Es Krim ini merupakan olahan rujak berjenis rujak gobet yang diberi topping esputer tradisional. Perpaduan rasa asam pedas dari rujak dan juga manis creamy dari eskrim tentu bisa jadi obat di kala dahaga.

Wedang Ronde Mbah Payem

Ronde memang jadi idola kuliner Jogja yang cukup menggoda di kala cuaca malam sedang dingin menemani liburan ke Jogja. Salah satu penjual wedang ronde di Jogja adalah Mbah Payem yang berjualan dekat trotoar Jalan Kauman. Wedang ronde buatannya tak banyak berbeda dengan wedang ronde biasanya. Yang menjadikannya menarik adalah kisah penjualnya yang kini berusia 85 tahun bernama Paiyem Karsowiyono. Meski murah, hanya 5.000 Rupiah, kuliner Jogja yang satu ini jadi langganan politisi yang salah satunya adalah mantan presiden Soeharto.

Ayam Geprek Bu Rum

Selain menjadi idola para mahasiswa dan mahasiswi di Jogja, kuliner satu ini kami rekomendasikan untuk kalian yang sedang Liburan ke Jogja. Ayam Geprek Bu Rum, salah satu kuliner yang popularitasnya berakar dari kota kuliner Jogja, mengusung cita rasa pedas dan gurih.

Ayam geprek adalah ayam goreng tepung yang ditumbuk dengan ulekan bersamamaan dengan bumbunya hingga dagingnya terkoyak. Walaupun telah digeprek, namun kerenyahan ayamnya tetap terasa. Di warung Bu Rum, kalian bisa memesan sendiri tingkat kepedasannya, misalnya ingin 2 cabe, 4 cabe atau bahkan 10 cabe. Uniknya, banyak yang menyebut bahwa ini adalah warung ayam geprek pertama di Indonesia. Dia pula yang memopulerkan aneka sambal lain untuk digeprek juga topping keju.

Sebagai kuliner Jogja yang masuk daftar murah, harga yang Anda bayar tentu sesuai apa yang Anda ambil karena tempat ini prasmanan. Namun makan dan minum tak akan menghabiskan dana Anda lebih dari 20 ribu Rupiah. Wajar jika ayam geprek ini populer di kalangan mahasiswa.

Mie Ayam Tumini

Terletak di alan Imogiri Timur 187, Umbulharjo, Yogyakarta, mie Ayam Tumini adalah bukti bahwa kuliner Jogja bisa memiliki makanan enak tanpa harus membayar mahal. Untuk seporsi mie ayam, Anda cuma harus bayar 8 ribu Rupiah, bahkan hanya 6 ribu jika Anda ingin setengah porsi, dan mie ayam jumbo hanya 10 ribu Rupiah. Meski demikian, mie ayam Tumini bisa menjual hingga 700 mangkuk dengan menghabiskan 30 kilogram mie.

Sebenarnya masih banyak pilihan lagi untuk kuliner murah saat liburan ke Jogja. Jangan sungkan untuk menjelajah Jogja, karena Jogja bisa menemani kerinduan kalian. Jangan lupa Liburan ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here