Rental Mobil Jogja

Rental Mobil Jogja – Museum Biologi adalah salah satu museum yang dikelola dan milik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Koleksi yang ditampilkan merupakan berbagai jenis flora dan fauna di Indonesia yang sudah mati dan diawetkan. Museum ini acap kali menjadi lokasi penelitian para dosen dan mahasiswa serta kunjungan liburan siswa sekolah yang berasal dari luar kota.

Rental Mobil Jogja

Museum Biologi berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 22 , kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta. Museum ini dikelola oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional.

Bangunan Museum Biologi Yogyakarta

Rental Mobil Jogja

Lokasi Museum Biologi Yogyakarta cukup strategis sebab berada di tepi jalan utama sentra kota Yogyakarta. Rute termudah menuju museum ini dari  nol kilometer Yogyakarta atau Kantor Pos Besar Yogyakarta menuju ke arah timur. Dari perempatan Gondomanan ikuti jalan lurus melalui Jembatan Sayidan. Ketika menemui lampu merah Superindo Supermarket atau  Bioskop Permata masih lurus lagi sejauh dua ratus meter dan posisi Museum Biologi berada di kanan jalan.

Koleksi Rangka Binatang Museum Biologi Yogyakarta Rental Mobil Jogja

Museum Biologi Yogyakarta menempati bangunan bekas peninggalan Belanda dimana masih nampak wujud jendela yang berukuran besar. Pada komponen depan bangunan sudah direnovasi dan diganti dengan dinding kaca yang sedikit gelap. Bangunan museum terdapat ruang info mengenai museum berikut penarikan karcis masuk. Pengunjung dipersilakan melapor terhadap petugas untuk mengungkapkan maksud kedatangan ke museum ini. Sesudah membayar karcis masuk, pengunjung dipersilakan berkeliling wilayah museum. Apabila dibutuhkan, petugas jaga yang ada siap mengantarkan pengunjung dan menerangkan semua koleksi museum.

Sejarah Museum Biologi UGM mulai dibuka untuk umum semenjak tanggal 1 Januari 1970. Tetapi pada kisaran tahun 1964, museum ini mulai dirintis dengan nama Museum Zoologicum untuk koleksi binatang (fauna) dan Herbarium UGM untuk koleksi tanaman (flora). Pada tanggal pada tanggal 20 September 1969 dijalankan penggabungan kedua koleksi, nama Museum Biologi UGM sampai kini.

Koleksi yang terdapat pada ruangan pertama ini terdiri dari foto-foto kuno bangunan Museum Biologi Yogyakarta. Di dekatnya terdapat sebagian awetan binatang mamalia berukuran kecil seperti tupai, bajing, tikus, dan sebagainya. Sebuah kerangka binatang yang berhimpit dengan dinding ialah kerangka kuda. Ruangan tersendiri di samping ruangan pertama museum ini berisi koleksi flora (tanaman) di Indonesia dan sebagian berasal dari luar negeri. Untuk akses lebih mudah, yuk pakai rental mobil jogja yang ada di seputaran kota yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here