Rental mobil Jogja

 

 

Rental Mobil Jogja – Mengetahui peninggalan-peninggalan bersejarah dari semua penjuru nusantara dapat kita nikmati jika kita pergi ke Museum Sonobudoyo. Mulai dari batik, keris, arca zaman klasik, keramik, gerabah dan masih banyak lagi.

Rental mobil Jogja

Mengunjungi Museum Sonobudoyo dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan ketika kita hendak melihat dan mengetahui benda peninggalan bersejarah dari penjuru nusantara. Museum ini menyimpan lebih 43.263 koleksi peninggalan bersejarah.

Museum yang terletak di Jl. Trikora No. 6 Yogyakarta ini berseberangan dengan alun-alu utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Awal berdirinya museum ini bernama Java institut, yaitu suatu yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Didirikan di Surakarta pada tahun 1919 dengan tugas pokok guna membantu pekerjaan pelestarian dan pengembangan kebudayaan lokal.

Rental Mobil Jogja

Serunya Museum Sonobudoyo Rental Mobil Jogja

Pada tahun 1924, Java insititut kembali untuk membina sebuah museum di Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengkubuwono VII menyerahkan tanah seluas 7.867 m2 guna dijadikan sebagai museum dan pembangunan ini dibuka dengan pembangunan pendawa kecil dengan candra sengkala Buta Ngrasa Nsthining Lata yang memiliki makna tahun 1856 jawa atau tahun 1934 Masehi.

Peresmian museum ini dilaksanakan pula oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tanggal 6 November 1935 dengan candra sengkala Kayu Winayang Ing Brahmana Budha, yakni angka tahun 1866 Jawa atau tahun 1935 masehi.

Tujuan Lengkap Belajar Sejarah Nusantara Rental Mobil Jogja

Jika kamu mempunyai ketertarikan dengan senjata keris, Museum Sonobudoyo adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Museum ini menyimpan lebih dari 1200 macam keris yang berasal dari penjuru nusantara.

Sebagai misal keris-keris Jawa yang menjadi koleksi museum ini merupakan keris lurus, keris luk 7, keris luk 11, keris luk 13 serta banyak motif pamor.

Keris yang berasal dari luar pulau Jawa, antara lain rencong dari Aceh, mandau dari Kalimantan, keris Madura dan Bali, Sulawesi.

Di Museum Sonobudoyo pun menyimpan bahan baku dalam penciptaan keris yakni Wesi Buddha yang sudah dipakai sejak tahun 700 Masehi.

Di samping keris, Museum Sonobudoyo pun mempunyai koleksi berupa benda-benda peninggalan dari masa prasejarah sampai masa masuknya Kerajaan Islam di Indonesia. Koleksi tersebut laksana kapak batu, kubur batu, teracota, wayang, topeng, kain batik, dan lain-lain. Museum ini pun menyimpan buku-buku serta naskah yang mempunyai kaitan dengan kebudayaan. Oleh sebab itu, lokasi ini tidak jarang dijadikan sebagai lokasi penilitian maupun menggali refrensi buku.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here