Wisata Menawan Hati Kalibiru Kulonprogo

Rental Mobil Jogja Tempat liburan di alam Kalibiru mendadak populer dan sangat banyak yang menggugah foto mereka diberagam sosial media khususnya Instagram dan Twitter. Ada satu lokasi di alam Kalibiru yang mencuri perhatian para pelancong, ialah gardu pandang dengan background waduk sermo. Sebuah titik unggulan untuk menikmati alam yang ada dibawah lokasi Kalibiru, adalah indahnya Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh.

Dari gardu pandang para pelancong akan disuguhkan panorama yang amat menawan. Waduk Sermo dan hijaunya Perbukitan Menoreh yang diselimuti oleh kabut putih yang tebal. Panorama pada pagi dan petang hari jauh lebih menawan dengan melihat indahnya sang surya terbit dan karam. Kalau cuaca tidak mendung, ombak putih dari pantai selatan bisa terlihat dengan jelas dari ketinggian gardu pandang Kalibiru. terdapat 2 gardu pandang yang ada di Kalibiru. Pelancong juga bisa mengabadikan peristiwa dari atas gardu dengan menyewa jasa foto kilat dengan biaya Rp. 15.000 saja.

Bukit Kalibiru berada di Desa Hagrowilis Kecamatan Kokap Kulon Progo, sekitar 40 km dari sentra kota Jogja. Wilayah ini merupakan hutan pinus yang dikelola oleh masyarakat setempat untuk diwujudkannya menjadi alam berwisata dan edukasi. Udara di Kalibiru benar-benar teduh dan segar sebab berada di Perbukitan Menoreh dengan ketinggian 450 mdpl. Alam Kalibiru menjadi liburan alam yang paling tenar di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Jalan Rute Ke Kali Biru

Untuk menuju lokasi alam Kalibiru, pelancong wajib berjuang keras melewati jalan yang berkelok dan curam. Dari sentra kota Jogja kalian dapat naik kendaraan pribadi ataupun dengan jasa Rental Mobil Jogja bisa memakan waktu selama kurang lebih 2 jam, sesudah itu kalian naik ke puncak dengan berjalan kaki kurang lebih memakan waktu 10 menit. Pengorbanan kalian tak akan sia-sia sesudah tiba diatas puncak sebab kalian akan disuguhi oleh panorama hutan pinus yang menawan serta udara yang adem dan segar.

Untuk para pecinta travelling yang bersifat petualangan dengan melewati rute yang menantang, ada sebagian rute yang dapat dicapai. Kalian dapat melewati rute Wates dengan ikuti saja arah jalan yang ada disepanjang jalan Wates menuju Waduk Sermo hingga menemukan papan tanda ke  Kalibiru. Bukan itu saja kalian dapat melewati rute Clereng, jalan di Clereng amat sepi dan rawan akan musibah longsor kalau musim hujan tiba. Harus tetap hati-hati ya gaes.

Karcis Masuk Alam Kalibiru

Biaya masuk ke alam Kalibiru Kulon Progo amat murah, Kalian cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000/ orang. Kalau kalian memakai kendaraan, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan beroda empat (kalau menggunakan rental mobil jogja kalian tidak di pungut biaya parkir) dan Rp. 2.000 untuk motor. Banyak fasilitas dan permainan yang ada di Kalibiru, seperti permainan outbond, camping ground untuk kalian yang berkeinginan bermalam dengan mendirikan kemah, peginapan atau homestay, mushola, kamar mandi, kamar kecil, parkir yang luas dan masih banyak fasilitas lain yang disediakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here