Tugu Jogja Keindahan Histori dan Romantisme

Rental Mobil Jogja – Tugu Jogja merupakan landmark paling populer dan menarik di Yogyakarta. Monumen ini terletak tepat di tengah perempatan jalan jalan Mangkubumi, Soedirman, jalan A.M Sangaji dan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang sangat dalam dan itu membuat beberapa rekam sejarah kota Yogyakarta.

Tugu Jogja ini dibangun sekitar satu tahun setelah pembangunan Kraton Yogyakarta. Pada saat awal pembangunannya, ini jelas menggambarkan filosofi kesatuan ciptaan Tuhan yang berarti semangat kebersamaan orang awam dan penguasa untuk melawan penjajahan. Dalam istilah Jawa, semangat kebersamaan disebut golong bersama yang jelas digambarkan dalam pembangunan monumen: tiang adalah bentuk bersama (silinder) dan bagian atas golong (bulat). Monumen ini dikenal sebagai Tugu Golong-bersama.

Sedikit Cerita Tugu Jogja

Secara detil, monumen ini awalnya dibangun dalam bentuk tiang silinder dengan kerucut formulir ke atas. Dasar adalah pagar yang mengelilingi bangunan sementara atas bulat. Ketinggian awal monumen adalah 25 meter. Cerita dari pemandu wisata kami dari rental mobil jogja.

Segalanya berubah ketika pada hari Senin, 10 Juni 1867, sebuah gempa besar di Yogyakarta menghancurkan monumen. Runtuhnya monumen adalah waktu transisi Kapan kesatuan adalah tidak benar-benar tercermin pada monumen.

Situasi benar-benar berubah ketika pada tahun 1889 oleh pemerintah Belanda merenovasi bangunan Tugu. Tugu dibuat dengan bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan orang-orang yang terlibat dalam renovasi itu. Bagian puncak tugu tak lagi bulat, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Ketinggian monumen ini juga lebih rendah, yaitu 15 meter. Sejak saat itu, Tugu ini disebut juga sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih (tiang putih monumen).

Perombakan bangunan itu sebenarnya merupakan taktik Belanda untuk mengikis persatuan antara rakyat dan raja. Belajar dari hasil perjuangan selanjutnya, namun, upaya itu tampaknya tidak berhasil.

Jika kita ingin memandang Tugu memuaskan sambil mengenang makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu di sudut jalan Pangeran Mangkubumi. Pada pukul 05:00-06:00 a.m. adalah waktu yang tepat karena udara masih segar dan tidak banyak lewat belum. Kadang-kadang, anak koran akan menyapa sopan saat mengendarai sepeda untuk pergi ke kantor loper koran, Kedaulatan Rakyat. Yap sangat berkesan dengan kota indah ini kami senang di antar keliling jogja dengan jasa rental mobil jogja.

Menjadi begitu identik Tugu Jogja Yogyakarta membuat banyak mahasiswa perantau Yogyakarta untuk mengekspresikan kebahagiaan mereka setelah dinyatakan lulus kuliah dengan memeluk atau mencium Tugu Jogja. Yang mungkin juga mengungkapkan cinta mereka ke Yogyakarta akan meninggalkan segera dan pada saat yang sama mengatakan janji mereka untuk kembali ke kota ini.

Romantisme tugu jogja akan tetap terjaga pada hati setiap pendatang yang sudah merasakan keindahannya. Jangan lupa travelling dengan Rental Mobil Jogja!! Visit Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here